Jumat, 25 Oktober 2013

Langkah Kerja AutoCAD 2D

Kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit menu - menu dasar pada AutoCAD 2D 2009.



LANGKAH - LANGKAH KERJA

1. Jika anda telah membuka aplikasi AutoCAD ini anda akan melihat latar kosong berwarna. Jika anda ingin mengganti warna latar dengan warna yang anda inginkan, anda tinggal mengetik op pada command yang berada di bawah.


Akan keluar pengaturan seperti ini, lalu klik colors.


Lalu ubah warna sesuai keinginan di pojok kanan atas pada tulisan colors lalu klik apply & close.


    2. Setelah merubah warna latar, selanjutnya merubah skala pada AutoCAD ini. Dengan cara mengetik units pada command.


Lalu akan keluar tabel pengaturan, ubahlah skala milimeters menjadi meters lalu klik ok.


     3. Dalam AutoCAD terdapat beberapa perintah atau menu. Menu line adalah untuk membuat garis dan sifatnya satuan. Untuk mengaktifkannya hanya tinggal mengetik “L” pada command dan menu line langsung aktif dan dapat digunakan.



Jika anda ingin mengatur seberapa panjang anda ingin membuat garis, anda hanya langsung mengetik ukuran garis yang anda ingin sesuaikan lalu enter.



 
       4.Selain menu line terdapat juga menu polyline yaitu untuk membuat garis dan sifatnya langsung menjadi satu. Biasanya dipakai untuk membuat bidang. Untuk mengaktifkannya hanya tinggal mengetik “PL” .


Sama seperti pengaturan line, polyline juga dapat menyesuaikan ukuran panjangnya dengan mengetik nilainya.
Cara utama jika ingin membuat garis Masukkan perintah – pilih posisi – masukkan nilai ukurannya.

    5. Dalam membuat garis juga dapat membuat garis dengan kemiringan tertentu. Caranya membuat garis sebelumnya dan pilih posisi lalu ketiklah ukuran yang anda inginkan, misalnya 1000 meter dengan kemiringan 600, maka tulislah 1000<60 lalu enter.



Lalu akan terbentuklah 2 buah garis dengan kemiringin 600 .



 
    6. Dalam AutoCAD terdapat pula beberapa menu yang berada dibawah yang berfungsi untuk membuat garis lebih teratur. 


        Salah satu menunya adalah Object Snap dan  Ortho Mode.
Object Snap digunakan untuk menghubungkan garis atau bidang ke bentuk yang lainnya, sedangkan Ortho Mode digunakan untuk membuat garis tegak atau lurus.






7. 
Perintah selanjutnya adalah “arc” ini digunakan untuk membuat garis lengkung. Seperti biasa jika ingin mengaktifkannya hanya tinggal mengetik “arc” lalu enter dan langsung buatlah garis lengkung yang diinginkan.



8. 
Jika ingin membuat sebuah lingkaran gunakanlah menu Circle. Ketiklah “C” pada command. Dalam membuat lingkaran ini anda juga bisa menyesuaikan radius yang diinginkan dengan cara ketik nilainya.



9. Selanjutnya adalah Multiline, ini adalah garis yang dobel, biasanya digunakan untuk membuat suatu jalan. Untuk mengaktifkannya ketik “ml” pada command. Cara kerjanya sama dengan Line dan Polyline.



        


     10. Selanjutnya adalah memindahkan sebuah objek, aktifkannya Object Snap terlebih agar lebih teratur. Untuk memindahkannya ketik “m” pada command dan pindahkanlah sesuai tempat yang diinginkan. Ingat, sebelum memindahkan objek select object terlebih dulu.




11. Selain untuk memindahkan objek, di AutoCAD juga dapat menduplikat sebuah objek dengan cara ketik “co”  yang berarti Copy pada command. Caranya hampir sama dengan memindahkan sebuah objek. Disini anda bisa menduplikat objek lebih dari satu kali.



 
      12. Dalam AutoCAD terdapat juga menu Mirror yaitu untuk mencerminkan objek. Caranya select data terlebih dulu lalu ketik “Mi” dan sesuaikan ditempat yang ingin dicerminkan.



Jika sudah dicerminkan biasanya anda diberi pilihan untuk menghapus gambar asli atau tidak. Jika iya ketik “yes” dan jika tidak ingin dihapus ketik “no”.


     13. Selain menu – menu yang diatas terdapat juga menu Rotate yaitu untuk memutar sebuah objek. Caranya sama seperti yang lain yaitu select object terlebih dahulu lalu ketik “ro” pada command dan pilihlah posisi dimana anda ingin memutarnya.




14. Menu selanjutnya adalah Fillet, ini digunakan untuk merubah sudut lancip menjadi sudut yang berbentuk garis lengkung tanpa menghilangkan garis awal. Biasanya fillet ini digunakan untuk melengkungkan sebuah jalan.


Caranya adalah dengan mengetik fillet pada command atau pilih menu fillet pada tool icon


Perintah selanjutnya adalah memilih radius atau ketik saja r lalu enter.



Masukkan nilai radius yang diinginkan lalu enter pilih trim dengan mengetik trim.



Setelah itu terdapat pilihan yaitu dengan menggunakan trim atau tidak. Ketik trim jika ingin menggunakannya dan ketik no jika tidak ingin menggunakannya.



Lalu pilih garis pertama dan pilih garis kedua. Dan langsung dapat anda lihat bahwa sudut telah berubah.



Tadi adalah beberapa menu yang ada pada AutoCAD 2 Dimensi. Semoga bermanfaat dan jika ingin bertanya silahkan isi comment dibawah ini. Terima Kasih^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar