Senin, 14 Oktober 2013

Langkah Kerja Microsoft Word (Membuat Halaman dan Daftar Isi)

Belakangan ini banyak sekali yang menganggap bahwa menggunakan salah satu software Microsoft Office ini akan mempersulit dan memperlambat pekerjaan mereka. Jika kita bisa mengerti dan memahaminya secara benar, justru kita bisa mempercepat dan mempermudah pekerjaan ketika kita mengerti cara memakainya.
Salah satunya adalah membuat halaman dan daftar isi pada Microsoft Word. Berikut adalah langkah kerjanya.



Membuat Halaman
Salah satu menu dari Microsoft Word agar mempermudah si pengguna dalam pembuatan halaman secara langsung.
1.        Tambahkan page number pada sebuah dokumen dengan memilih menu insert - page number - bottom of page - plain number 3”.


2.       Setelah muncul halaman, kita perbaiki halaman cover dengan menghilangkan halamannya dengan cara “header&footer tools - isi centang pada bagian different first page”


3.       Lalu membuat satu halaman kosong untuk daftar isi nantinya dengan cara menaruh kursor pada awal Kata Pengantar pada halaman ke 2, lalu klik menu “page layout - breaks - next page”
Letakkan kursor pada awal Kata Pengantar


4.      Membuat halaman dalam bentuk angka romawi pada halaman daftar isi dengan cara klik “header&footer tools - page number - format page number” lalu akan keluar tabel kecil seperti dibawah ini .
 



5.    Untuk mengubah halaman romawi yang akan menjadi halaman bernomor dengan cara nomor 3 dengan menaruh kursor pada ‘BAB I’ lalu dilanjutkan dengan langkah 4 dan langkah 5 dengan mengganti huruf romawi dengan angka.


Membuat Daftar Isi
1.       Taruh kursor pada halaman kosong yang ingin dibuat untuk daftar isi lalu klik “references - table of contents - automatic table 1”


Lalu akan muncul seperti ini


Dan jadilah daftar isi secara otomatis seperti yang diinginkan. Silahkan mencoba :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar